Skip to main content

Cara merelaksasi otot | peregangan otot

Cara merelaksasi otot - CaraDini.my.id - Merelaksasi otot merupakan langkah agar otot-otot tidak kaku, merelaksasi otot bisa anda lakukan dengan cara melakukan teknik peregangan.
Relaksasi biasa dilakukan disaat seseorang melakukan sebuah pekerjaan atau pun olahraga, melakukan relaksasi sangat penting agar tubuh selalu segar saat berolahraga atau pun berkerja. Peregangan pula biasa dilakukan untuk menghindari cedera dan keletihan otot. Peregangan otot adalah jenis latihan yang minimal harus anda lakukan setiap hari.

Peregangan atau relaksasi berfungsi untuk menyalurkan oksigen ke seluruh bagian otot agar otot bisa pulih lebih cepat.
Untuk merelaksasi otot bisa anda lakukan dengan tehnik pijatan, tapi mungkin ada sebagian yang tidak bisa dipijat karena hal-hal tertentu, seperti geli saat disentuh dan sebagainya.

Merelaksasi dengan peregangan otot akan meningkatkan oksigenasi atau proses pertukaran udara didalam sel dan juga bisa merangsang sistem kerja getah bening. peregangan otot juga bisa memperbaiki bentuk postur tubuh anda dan rasa sakit atau nyeri pada otot-otot pun bisa terhindarkan, selain itu, peregangan juga bisa melancarkan pencernaan.

Mungkin Anda berpikir Mengapa Peregangan Diperlu di lakukan? Peregangan adalah salah satu komponen untuk menjaga keseimbangan olahraga apapun, jika olahraga dilakukan tanpa adanya peregangan cedera akan lebih mudah terjadi, selain itu, fleksibilitas gerakan Anda pun otomatis akan berkurang. Relaksasi dengan peregangan juga berperan untuk merelaksasi otot-otot yang stress, dan meningkatkan tenaga saat melakukan olahraga inti.
Baca juga:
Cara menurunkan tekanan darah tinggi
Cara mengobati bisul dengan mudah dan cepat

Jika anda tidak pernah melakukan peregangan maka pergerakan sendi anda akan menjadi terbatas, sehingga kecelakaan cedera pun akan semakin mudah terjadi.
Biasanya peregangan akan dilakukan pada saat sebelum melakukan olahraga. Tapi sebenarnya semua itu tergantung dengan olahraga apa yang akan anda lakukan, salah satu contohnya ialah olahraga angkat beban, sebaiknya peregangan setelah anda selesai melakukan atau berlatih olahraga ini. Kenapa demikian? Iya itulah yang keluar di pikiran anda sekarang ini, sebenarnya bukan tidak boleh anda melakukan peregangan sebelum anda berlatih, tapi olahraga angkat beban merupakan olahraga yang membutuhkan kontraksi yang maksimum, jika anda melakukan peregangan di awal sebelum latihan justru akan membuat serat-serat otot menjadi relaks, hal ini akan menyebabkan kemampuan anda untuk berkontraksi semakin berkurang. Dan jika peregangan anda lakukan setelah anda selesai latihan angkat beban akan melancarkan peredaran darah dan melancarkan penyaluran oksigen yang bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit yang dirasa.

Sedangkan olahraga lain yang lebih dinamis seperti aerobik, sebaiknya peregangan dilakukan sebelum anda melakukan olahraga ini, demi menghindari cedera yang diakibatkan oleh gerakan-gerakan yang tiba-tiba dan gerakan yang memerlukan kelincahan.

Dan untuk olahraga yang ringan seperti berjalan cepat atau bersepeda, peregangan dapat Anda lakukan kapan saja, bisa sebelum, saat istirahat atau jeda, atau pun setelah selesai berolahraga. Dan yang harus anda ketahui ialah pada saat melakukan peregangan kondisi otot tidak boleh dalam kondisi yang kaku.

Saat yang sangat cocok untuk melakukan peregangan ialah saat setelah melakukan pemanasan yang cukup. Lakukanlah terlebih dahulu dengan pemanasan warm-up, sebelum anda melakukan peregangan agar aliran darah anda terpompa keseluruh tubuh anda. Contohnya, dengan melakukan pemanasan berlari di tempat sekitar 5-10 menit sebelum peregangan, dengan begini manfaat dari peregangan akan anda dapatkan lebih optimal.

Untuk pakaian anda saat melakukan peregangan sebaiknya menggunakan pakaian yang tidak membatasi gerak, pakailah pakaian yang membuat Anda merasa nyaman. Untuk tempat peregangannya berikanlah matras atau kapret. Peregangan bisa anda lakukan dengan aman setiap hari, libatkan seluruh kelompok otot utama anda.

Untuk cara melakukannya ialah dengan melibatkan seluruh otot-otot anda. Bagi orang-orang dewasa biasanya memiliki empat titik otot tegang yang sebelumnya sudah dapat di perkirakan diantaranya, bahu bagian depan, punggung bagian bawah, otot-otot lutut, dan otot betis. Untuk langkah awal, Regangkanlah salah satu bagian otot-otot itu kearah yang berlawanan. Dengan begini akan membuat otot Anda rileks dan siap untuk peregangan yang selanjutnya. Lanjutkanlah ke bagian otot yang lainnya, regangkanlah otot-otot tersebut semampu Anda,  tahan sekitar selama 10 hitungan, lakukan berulang-ulang sebanyak 5 kali.

Peregangan dilakukan sebelum dan sesudah olahraga secara rutin agar terhindar dari cedera ketika berolahraga dan hal ini juga akan membantu anda memulihkan otot anda yang stress.
Peregangan juga harus di lakukan bagi mereka yang jarang melakukan olah raga. Dengan melatih peregangan bisa membantu mengurangi stress dan mengurangi ketegangan otot bagian kepala dan bagian otot-otot lainnya seperti otot leher dan punggung. Jadi, kesimpulannya peregangan otot merupakan pegerakan yang harus dilakukan oleh semua orang minimal 15-20 menit dalam sehari. Setelah anda beraktivitas seharian yang melelahkan juga dianjurkan untuk melakukan peregangan atau relaksasi ini agar terhindar dari stress.

Berbagai jenis metode relaksasi atau peregangan yang bisa Anda lakukan. Peregangan memerlukan manuver atau gerakan yang memperpanjang dengan lembut dan hati-hati bagian
otot dan tendon tubuh. Anda juga bisa lakukan peregangan otot dalam kondisi yang dingin, namun, Anda juga harus berhati-hati agar tidak terjadi keseleo berat, atau justru bisa mencederai otot Anda.

Berikut cara-cara merelaksasi otot yang akan Cara Dini berikan, silahkan disimak.

  1. Untuk relaksasi bagian Lengan
  2. bisa anda lakukan dengan cara menyilangkan lengan ke arah yang berlawanan, lalu tahan selama 10 hitungan, ulangi cara ini sebanyak 2 kali gerakan. Gerakan yang selanjutnya, Posisikan lengan anda dibelakang punggung anda, lalu tahan selama 10 hitungan, ulangi hal ini sebanyak 2 kali. Gerakan berikutnya, Luruskan kedua lengan ke depan dada, lalu ke belakang, dan ke atas kepala, tahan masing-masing gerkan selama 10 hitungan, sebanyak 2 kali ulangan.
    Gerakan yang lainnya, Tarik tangan kanan dengan tangan kiri dibelakang kepala dan juga sebaliknya, Lakukan gerakan sebanyak 2 kali masing-masing dalam 10 hitungan.

  3. Untuk Peregangan pada bagian Leher dan Kepala
  4. bisa anda lakukan dengan cara menundukan kepala kebawah, tahan sebentar, kembali dan tarik ke belakang, lalu tahan lagi sebentar, lalu kembali lagi  ke posisi awal. Lakukan sebanyak 2 kali dengan masing-masing gerakan dalam 10 hitungan.
    Selanjutnya gerakan mematahkan kepala ke kanan dan ke kiri hingga menyentuh bahu secara bergantian, sebanyak 10 hitungan masing-masing sebanyak 2 kali.
    Gerakkan berikutnya, kepala menoleh ke kanan dan ke kiri secara bergantian, sebanyak 10 hitungan, ulangi masing-masing gerakan sebanyak 2 kali.
    Gerakan lainnya, Putar kepala ke kanan berlawanan arah jarum jam dan putar balik arah ke kiri, masing-masing gerakan sebanyak 2 kali dalam empat putaran.

  5. Untuk Peregangan pada Pinggang
  6. caranya dengan meletakkan kedua tangan di pinggang, dengan kaki direnggangkan lebih lebar, lalu patahkan pinggang ke kanan, sambil mematahkan leher ke kanan pula, lalu tangan kiri diletakan diatas kepala mengarah ke kanan sehingga pinggang dan leher terasa tertarik. Lalu Lakukan cara yang sama ke arah berlawanan secara bergantian, masing-masing dalam 10 hitungan dan ulangi sebanyak 2 kali.
    Selanjutnya dengan meletakkan kedua tangan di pinggang, kaki direnggangkan dengan agak lebar, lalu bungkukkan badan anda ke depan dengan perlahan, raih kedua ujung ibu jari kaki dengan kedua tangan, lalu tarik dan tahan sebentar sebanyak 10 hitungan, ulangi masing-masing gerakan sebanyak 2 kali.

  7. Untuk Peregangan Kaki
  8. Lakukan dengan cara duduklah bersila, dengan kedua telapak kaki saling menempel, lalu bungkukkan tubuh Anda lalu tahan selama 10 detik atau 10 hitungan.
    Salnjutnya, Posisikan salah satu kaki kedepan, lalu bungkukkan tubuh serendah-rendahnya, tahan sebentar selama 10 detik.
    Gerakan berikutnya, Angkat salah satu kaki, pegang telapaknya dengan tangan, lalu tarik, tahan sebentar selama 10 detik.

  9. Untuk Peregangan bagian Punggung
  10. Lakukan dengan cara Berdiri sambil menyandar lurus pada sebuah dinding. Usahakan agar seluruh bagian punggung dan belakang tubuh menempel pada dinding, tahan sebentar selama 10 detik, ulangi sebanyak 2 kali.

Demikian cara mudah merelaksasi otot yang bisa Cara Dini berikan kali ini, apabila ada kesalahan dan kekurangan admin mohon maaf karena ilmu yang saya miliki tidaklah setara dengan Anda sekalian, semoga bermanfaat.
Baca juga artikel menarik lainnya..
Cara menurunkan panas demam
Cara mengurangi resiko serangan jantung
Terimakasih..

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y