Skip to main content

Cara ampuh mengobati sakit pinggang

Cara Ampuh Mengobati Sakit Pinggang - CaraDini.my.id - Siapa saja yang mengalami sakit pinggang pasti mengeluh dan ingin segera menghilangkan rasa sakit yang seperti ada beban berat di pinggang itu. Sakit pinggang merupakan sakit yang cukup mengganggu, karena sakit pinggang akan mengganggu setiap pergerakan kita, hal ini cukup menjengkelkan apa lagi jika orang itu adalah orang yang aktif bekerja atau dalam usia yang produktif, dan juga bagi orang yang sudah lanjut usia atau lansia.

Dan karena itulah Cara Dini bermaksud untuk memberikan solusi bagai mana cara mengobati sakit pinggang ini. Mudah-mudahan cara mengobati sakit pinggang ini bisa membantu anda semua untuk mengatasi sakit pinggang yang sedang alami.

Ada berberapa cara mengobati sakit pinggang yang akan cara dini berikan, tapi ini semua tergantung  dengan seberapa lama sakit pinggang terjadi, seberapa parah sakit pinggang di alami, dan cara apa yang anda lakukan untuk mengobati sakit pinggang anda.
Baca juga:
Cara meningkatkan priduksi ASI bagi ibu menyusui
Cara mengobati kencing manis
Dan juga puisi indah - berharap dan berharap

Bila sakit pinggang anda masih baru atau baru terjasi, masih dalam rentan waktu sekitar 6 minggu kebawah. Di situs mediskus.com di sebut dengan sakit pinggang jangka pendek. Dalam kondisi seperti ini, sakit pinggang dapat di obati dengan mengkonsumsi obat sakit pinggang yand dijual bebas di warung-warung terdekat atau dengan melakukan perawatan sebagai berikut.

  1. Obat Sakit Pinggang
  2. Obat sakit pinggang yang di jual bebas seperti Asetaminofen atau Parasetamol juga dapat membantu mengurangi nyeri pada pinggang yang masih ringan, untuk obat lain seperti ibuprofen merupakan jenis obat lainnya yang termasuk golongan non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID), obat ini akan lebih efektif untuk meredakan sakit pinggang. Tapi anda juga harus ingat, Gunakanlah obat ini dengan bijak, dan perhatikanlah aturan pakainya. Obat lain lagi seperti kodein adalah obat  penghilang rasa sakit yang lebih kuat, konsumsilah sesuai resep dokter, dan obat ini harus dengan resep. Obat ini juga merupakan obat pilihan, obat ini terkadang akan dikombinasikan dengan parasetamol.

  3. Terapi panas
  4. Terapi panas bisa anda lakukan dengan cara menempelkan botol yang berisi air panas pada daerah pinggang yang sakit atau bisa juga dengan cara Mandi menggunakan air panas.

  5. Terapi dingin
  6. Selain terapi panas, terapi dingin pun bisa dilakukan untuk meringankan sakit pinggang yang mungkin sedang anda rasakan, dengan cara menempelkan es yang di bungkus dengan kantong yang tebal pada pinggang yang sakit. Kenapa harus di bungkus dengan kantong tebal, tidak di tempelkan langsung es batu di pinggang? Iya, karena jika es di tempelkan langsung ke kulit bisa menyebabkan luka bakar dingin pada kulit anda.

  7. Relaksasi
  8. Menurut Penelitian, orang-orang yang selalu mempunyai pikiran yang positif dan berprasangka baik dalam keadaan sakit, maka sakit itu akan cepat pulih dengan sendirinya dan sakit pinggang jangka panjang. Maka dari itu relaksasi akan membuat pikiran anda lebih tenang, selain itu relaksasi juga akab mengatasi ketegangan otot oleh faktor psikis yang mengakibatkan sakit pinggang.

  9. Latih diri Olahraga yang rutin
  10. Jika sakit pinggang yang anda alami disebabkan karena berat badan yang berlebih atau postur tubuh buruk dan stress. Cara ini akan sangat baik anda lakukan. Dengan olahraga yang teratur dan rutin, seperti yoga, berenang, jalan cepat, atau jalan kaki, ini akan membantu menjaga punggung anda agar tetap sehat dan kuat. Pilihlah olahraga yang menyenangkan buat anda.

  11. Atur Posisi tidur
  12. Selain olahraga yang teratur, tidur anda juga harus dijaga, mungkin yang awalnya tidur anda yang tidak beraturan sekarang anda harus merubahnya untuk meregangkan punggung sehingga rasa sakit di pinggang dapat diringankan. Ada pun caranya yaitu:
    • Bagi anda yang tidurnya telentang, letakkanlah bantal di bawah lutut anda. Supaya kurva normal punggung di  bagian bawah akan tetap terjaga dan tetap aktif.
    • Bagi anda yang tidurnya miring, ini akan lebih mudah di lakukan karena selain bisa mengurangi sakit pinggang anda Nabi besar Muhammad SAW. Juga menjalankan cara ini. Yaitu dengan cara menarik kaki dengan posisi menekuk sedikit ke arah dada, atau bisa juga dengan menempatkan bantal di antara kedua kaki anda.

  13. Tetap Aktif
  14. Ketika orang yang menderita sakit pinggang tetap aktif dan tidak bermalas-malasan di tempat tidur akan semakin mempercepat penyembuhan. Tapi untuk tetap aktif itu pasti sulit untuk dilakukan karena nyeri pinggang terlalu parah, tapi cobalah untuk di latih, dengan melakukan pergerakan cepat yang anda bisa, dan lakukan secara bertahap, lama-kelamaan akan dengan mudah anda lakukan.

Itulah cara mengatasi sakit pinggang jangka pendek atau masih baru, dan untuk mengatasi Sakit Pinggang Jangka Panjang atau sakit pinggang yang telah berlangsung lama, dan sudah lebih dari 6 minggu atau lebih dikenal dengan penyakit kronis biasanya para dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi obat penghilang rasa sakit di tambah dengan rawatan khusus. Dan untuk lebih jelas bisa disimak sebagai berikut:

  1. Latihan khusus
  2. Dengan latihan olahraga, serta latihan aerobik dan juga peregangan yang khusus dapat membantu memperkuat otot dan memperbaiki bentuk postur tubuh. program latihan khusus biasanya akan diawasi oleh instruktur yang lebih berpengalaman dan terlatih.

  3. Terapi Manual
  4. Terapi manual bisa anda lakukan untuk mengatasi sakit pinggang anda, Ada banya jenis terapi manual yang dapat anda lakukan, salah satu di antaranya ialah manipulasi, mobilisasi dan pijat, ini semua biasa dilakukan oleh para ahli tulang, dan juga para ahli osteopati atau fisioterapis. Terapi manual harus anda lakukan dengan mencangkup semua sesi yaitu 9 sesi, selama periode terapi, yaitu hingga 12 minggu.

  5. Akupunktur
  6. Dengan melakukan tehnik Akupunktur akan membantu mengurangi sakit pinggang bagian bawah dan telah terbukti ampuh, tehnik akupunktur merupakan jenis pengobatan Cina kuno yakni dengan cara menusukkan jarum halus dititik yang berbeda didalam tubuh. Tehnik ini harus dilakukan dengan mencakup sesi demi sesi hingga 10 sesi selama periode terapi, hingga mencapai 12 minggu.

  7. Nerve Blok (pemblokiran akar saraf)
  8. Merupakan pengobatan dengan cara, punggung di sekitar tulang belakang yang sakit, di suntik dengan menggunakan steroid atau anestesi. Dan jika sakit pinggang diakibatkan oleh peradangan tulang belakang atau saraf terjepit. Pengobatan ini akan membantu mengurangi rasa nyeri dan sakit di sekitar jalur syaraf terkait, yakni pinggang-kaki.

  9. Suntikan sendi facet (Facet joint injections)
  10. Sendi facet ialah sendi yang menghubungkan antar tulang bagian belakang supaya tetap selaras. Pengobatan ini juga menggunakan steroid atau anestesi untuk di suntikkan pada sendi facet.

  11. Antidepresan
  12. Antidepresan trisiklik (TCA) awalnya sebagai obat depresi, tapi obat ini juga cukup efektif untuk mengobati beberapa jenis penyakit yang persisten, termasuk sakit pinggang ini. Resep obat ini kemungkinan akan di berikan dokter apa bila obat penghilang rasa sakit tidak mampu untuk mengurangi rasa sakit pinggang anda.

  13. Operasi
  14. Operasi atau prosedur Bedah adalah pilihan terakhir ketika semua cara pengobatan untuk mengobati sakit pinggang tidak mempan atau gagal. Operasi pembedahan biasanya disarankan ketika sakit pinggang yang anda alami begitu parah hingga cukup mengganggu pekerjaan anda bahkan untuk bergerak saja tidak bisa. Tapi sebaiknya sebelum melakukan tahap ini atau operasi, rekomendasikan terlebih dahulu pada dokter bedah tentang apa manfaat dan apa resiko dari pembedahan ini, karena operasi biasanya akan tergantung pada penyebab sakit pinggang dan jenisnya.

Sekian artikel tentang cara mengobati sakit pinggang yang dapat Cara Dini berikan,  semoga bermanfaat.
Baca juga artikel terbaru lainnya.
Cara menguatkan syaraf
Cara mengobati asam urat tanpa obat
Wassalam...

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y