Skip to main content

Cara mencegah tulang keropos sejak dini (Osteoporosis)

Cara Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis) - CaraDini.my.id - Tulang keropos atau Osteoporosis biasanya akan terjadi ketika umur sudah menginjak usia 30-an. Namun tulang keropos dapat di cegah, sebelum tulang keropos menyerang anda. Pencegahan yang dilakukan sejak dini, akan lebih baik dan akan membuat tulang tetap kuat bahkan sampai tua nanti tulang anda akan tetap kuat.
Baca juga:
Cara mudah mengobati sakit pinggang
Cara meningkatkan produksi ASI bagi ibu menyusui
Cara mengobati kencing manis tanpa obat

Mencegah tulang keropos dapat dilakukan dengan berbagai cara, Berikut ada berberapa cara sederhana yang mudah untuk anda lakukan dalam sehari-hari yang akan Cara Dini berikan untuk mencegah terjadinya tulang keropos sebelum terlanjur tulang keropos terjadi.

Cara mencegah tulang keropos:

  1. Olahraga secara rutin
  2. Lakukanlah olahraga secara rutin agar kekuatan tulang dapat terpelihara dan dapat mencegah terjadinya tulang keropos. Tidak harus berolahraga yang berat-berat, cukup dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu, seperti bersepeda, jalan kaki, berenang dan aerobik, sekitar 30 menit dalam sehari. Lakukan 5-6 kali dalam satu minggu.

  3. Penuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D
  4. Konsumsilah Kalisum yang cukup untuk mencegah tulang keropos agar tidak terjadi, makanan kalsium bisa anda dapatkan dari brokoli, sayuran hijau, juga susu rendah lemak, susu dari.kedelai dan juga keju. Selain itu, jika anda menginginkan kalsium tambahan bisa anda konsultasikan langsung dengan dokter. Konsumsi juga vitamin D yang seimbang dengan kalsium agar proses penyerapan kalsium bisa berjalan dengan baik.

  5. Kafein atau kopi
  6. Kafein merupakan salah satu jenis senyawa kimia yang bisa menyebabkan tulang keropos. Jadi, bagi anda yang gemar mengkonsumsi kafein seperti kopi agar segera berhenti untuk mencegah tulang keropos. terutama bagi para wanita yang telah memasuki masa menopause.

  7. Alkohol
  8. Berhentilah untuk mengkonsumsi Alkohol jika anda tidak mau tulang anda keropos lebih dini, karena alkohol adalah pengganggu proses penyerapan kalsium dan alkohol juga dapat mengurangi kadar hormon yang berperan sebagai proses pembentukan tulang.

  9. Mengurangi konsumsi garam
  10. Kurangilah konsumsi garam sesuai dengan produksi yang di butuhkan oleh tubuh, untuk mengurangi resiko terjadinya tulang keropos. Jika anda mengkonsumsi garam yang berlebihan akan membuat pengeluaran kalsium meningkat melalui keringat dan urine.

  11. Berhenti merokok
  12. Merokok adalah salah satu penyebab tulang keropos, karena merokok bisa mengurangi kepadatan tulang, menghambat pertumbuhan tulang dan juga menghambat pemulihan bagi tulang, dan merokok juga bisa menyebabkan terjadinya monopuse dini dan penyakit paru-paru.

  13. Waspadai obat-obatan yang dikonsumsi
  14. Waspadailah obat-obatan yang anda konsumsi, apa lagi obat itu tergolong obat kortikosteroid yang biasa di gunakan dalam jangka panjang. Obat-obatan ini bisa menyebabkan terjadinya tulang keropos.

  15. Kurangi aktivitas berlebih
  16. Kurangilah aktivitas-aktivitas yang berlebih seperti mengangkat barang yang berat atau aktivitas fisik yang berlebih lain sebagainya, Ketika anda sedang menderita penyakit tulang keropos atau osteoporosis. Agar cedera dapat terhindari.

Itulah berberapa Tips cara Mencegah Tulang Keropos (Osteoporosis) sejak dini yang bisa Cara Dini berikan,  Semoga apa yang telah saya berikan ini dapat membantu anda untuk mencegah pengeroposan tulang anda.
Baca juga artikel terbaru lainnya.
Puisi indah - berharap dan berharap
Cara menguatkan syaraf
Terimakasih dan nantikan artikel menarik berikutnya, wassalam..

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y