Skip to main content

Cara mengatasi mabuk kendaraan atau perjalanan

Cara mengatasi mabuk kendaraan atau perjalanan - CaraDini.my.id - Pernahkah anda mengalami mabuk saat dalam perjalanan? Mungkin sebagian ada yang pernah ya, atau kalau tidak pun anda pernah melihat orang yang ada dalam kendaraan yang sama mabuk dan muntah, sangat menggelikan dan menjijikan bukan, coba saja anda bayangkan bila itu semua terjadi pada diri anda bagi yang belum melakukan perjalanan. Pasti malu bukan, tentunya percaya diri akan sangat berkurang.

Selain itu mabuk perjalanan juga sangat mengganggu, selain buat orang yang mabuk atau pun orang lain yang berada dalam satu kendaraan tersebut. Karena orang yang mabuk perjalanan atau mabuk kendaraan biasanya akan di sertai muntah dan mengeluarkan bau yang tak sedap setelahnya.

Biasanya mabuk perjalanan bisa terjadi saat orang tersebut melakukan perjalanan yang cukup jauh, yang harus menggunakan kendaraan seperti angkutan darat, laut, dan udara. Ada sebagian orang yang kerap mengalami mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan akan kapok atau malas lagi untuk melakukan perjalanan. Namun jika ada hal penting yang harus memerlukan perjalanan jauh.

Jika terjadi hal yang seperti ini ada berberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi mabuk kendaraan anda yang akan Cara Dini berikan nantinya, semoga bisa bermanfaat buat anda semua.
Baca juga artikel sebelumnya, cara agar cepat tidur, cara cepat hilangkan bekas luka, cara mengatasi diare atau mencret

Berikut ada berberapa cara mengatasi mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan.

  1. Biasakan makan sebelum melakukan perjalanan
  2. Ketika anda ingin melakukan perjalanan yang jauh, usahakan agar anda makan terlebih dahulu, jangan biarkan perut anda kosong, bila perut kosong akan meningkatkan produksi asam lambung yang akhirnya membuat anda mual dan muntah-muntah. Namun walau pun demikian usahakan agar tidak makan yang berlebih.

  3. Tentukan makanan yang tepat
  4. Jika anda melakukan perjalanan yang jauh sebaiknya hindari makanan yang berlemak, asam, dan pedas. Dan jika anda ingin mengurangi rasa mual yang timbul saat perjalanan sebaiknya konsusmsi minuman seperti minuman jahe dan teh hangat dengan mengkonsumsi minuman jahe atau teh tersebut dapat membantu menetralisir atau mengurangi rasa mual yang timbul.

  5. Rileks
  6. Buatlah tubuh anda serileks mungkin Posisikan duduk anda senyaman dan serileks mungkin agar anda dapat menghindari mabuk perjalanan itu, jangan terlalu memikirkan masalah, anda bisa lakukan dengan cara bermusik atau berbicara dengan sahabat yang sejalan.

  7. Hindari membaca
  8. jika anda merupakan orang yang mudah mabuk perjalanan jangan sekali-kali membaca sesuatu entah itu koran atau pun pesan SMS karena pada saat membaca tubuh tidak akan siap jika sewaktu-waktu terjadi guncangan hal ini akan membuat anda semakin cepat mabuk dan mual.

  9. Atur sirkulasi udara saat dalam kendaraan
  10. Aturlah sirkulasi udara di kendaraan anda, karena jika udara kurang maka akan mengganggu pernafasan anda dan mengakibatkan mabuk dan mual.

  11. Tentukan posisi duduk anda
  12. Bagi anda yang kerap mengalami mabuk kendaraan maka tentukanlah tempat duduk anda, tempat duduk yang nyaman dan tidak membuat anda mabuk, contohnya, jika anda menggunakan kendaraan darat maka pilihlah tempat duduk depan di samping supir, jika anda menggunakan kendaraan laut sebaiknya duduk di posisi tengah hal ini bermaksud agar jika kapal bergoyang duduk anda tetap nyaman.

  13. Menghadap depan
  14. Usahakan untuk duduk Menghadap ke depan saat anda menggunakan kendaraan darat seperti bus, mobil dan lainnya, jika menghadap samping atau belakang biasanya akan mempermudah pusing dan mual.

  15. Tidur
  16. Jika kira-kira anda mabuk dan menggunakan kendaraan pribadi atau yang kira-kira aman untuk barang yang anda bawa maka sebaiknya anda tidur agar terhindar dari mabuk kendaraan atau pun mabuk perjalanan, tidurlah yang nyaman dan rileks.

  17. Gunakan minyak angin
  18. Minyak angin atau minyak kayu putih juga bisa anda gunakan untuk mengurangi rasa mual, oleskan minyak pada bagian tengkuk leher bagian belakang, dada, dan perut.

  19. Obat anti mabuk perjalanan
  20. Obat anti mabuk perjalanan juga berperan untuk mengurangi mabuk di dalam perjalanan anda. Dengan mengkonsumsi obat anti mabuk kendaraan bisa mengantisipasi mabuk perjalanan anda. Minumlah setengah jam sebelum anda berangkat.

  21. Hindari mencium bau-bauan
  22. Hindarilah membawa barang-barang yang menimbulkan bau yang menyengat, dan juga jangan menggunakan minyak wangi didalam kendaraan anda atau pun menghisap asap rokok, karena bau-bauan juga dapat memicu terjadinya mual-mual dan mabuk. Dan jika anda sudah terlanjur mabuk dan mual dan sudah tidak bisa tertahankan lagi, maka sebaiknya muntahkan saja maka mual yang anda alami akan berkurang.

Itulah beberapa tips cara mengatasi mabuk kendaraan atau mabuk perjalanan yang bisa Cara Dini berikan, semoga apa yang telah Cara Dini berikan bisa bermanfaat untuk anda semua dan perjalanan anda bisa lebih aman dan nyaman tanpa mabuk dan mual.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mengatasi BAB tidak lancar
Cara mengatasi kadas dan kurap secara alami
Sekian dan terimakasih...

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y