Skip to main content

Cara mengobati asam urat secara alami

Cara mengobati asam urat - CaraDini.my.id - Asam urat adalah penyakit yang sangat mengganggu rutinitas atau aktivitas kita, karena asam urat menimbulkan rasa nyeri yang teramat sangat yang bisa membuat kita susah untuk bergerak dengan bebas. Asam urat bisa di sembuhkan dengan cara-cara tertentu, dengan cara-cara tradisional maupun cara-cara yang ilmiah. Menggunakan cara-cara yang alami akan lebih aman di banding dengan cara yang ilmiah, cara alami tidak akan memberikan efek samping yang terlalu membahayakan anda.

Sebelum mengobati asam urat secara alami, Anda juga perlu mengetahui penyebab-penyebab dari penyakit yang sedang anda derita terlebih dahulu, dan penyebab yang harus anda ketahui ialah terlalu banyak mengkonsumsi zat-zat yang mengandung purin hingga berlebihan, zat purin ini banyak terdapat pada daging-dagingan. Zat purin yang terdapat pada daging akan di proses oleh tubuh menjadi sebuah protein dalam tubuh, dan proses ini membutuhkan enzim HGPRT, jika enzim tidak mencukupi otomatis zat purin tidak mampu untuk diproses seluruhnya dan jumlah purin dalam tubuh akan menjadi menumpuk, yang akhirnya di rubah menjadi asam urat dalam jumlah yang cukup besar.

Faktor lain karena adanya faktor luar seperti asupan makanan atau minuman ke dalam tubuh anda. Makanan-makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan selulosa yang masuk kedalam tubuh kita akan diproses melalui proses kimiawi agar menghasilkan energi. jika energi mengandung zat purin yang terlalu banyak, akan membuat menumpuknya asam urat di dalam tubuh.

Gejala-gejala asam urat yang perlu anda ketahui ialah Bagian sendi-sendi akan terasa nyeri, kesemutan, bahkan bisa menimbulkan bengkak dan berwarna merah.
Rasa nyeri biasanya akan timbul di pagi dan malam hari dan terjadi berulang-ulang setiap harinya. Asam urat sering menyerang bagian-bagian tertentu, seperti jari kaki, bagian tangan, lutut, tumit, pegelangan tangan, siku, dan sendi-sendi lainnya, jika asam urat sudah parah persendian akan akan terasa semakin sakit saat akan melakukan gerakan.

Baca juga:
Cara merelaksasi otot | peregangan
Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk mengobati asam urat anda juga harus memperhatikan pantangan-pantangan yang bisa menimbulkan asam urat tersebut, agar asam urat tidak semakin parah dan pengobatan pun akan berjalan dengan baik sampai asam urat menghilang. Pantangan-pantangan itu diantaranya seperti, jeroan seperti babat, usus paru, emping, bayam, buncis, kangkung, abon, dendeng, makan kalengan, daging sapi, daging kambing, daging bebek, keju, es krim, telur, kacang kedelai, kacang tanah, kacang hijau, daun singkong, daun pepaya, dan makanan yang banyak mengandung protein dan lemak lainnya.

Makanan yang baik untuk mengobati asam urat secara
alami ialah kentang, pisang, strawberry, jahe, buah naga, jeruk, belimbing wuluh, sereh, sawi putih, tomat, labu kuning, dan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi, roti, ubi dan singkong. Dan sebaiknya anda juga banyak mengkonsumsi air putih, karena air putih dapat membantu mengeluarkan kristal asam urat yang terdapat didalam tubuh.

Berikut ada berberapa cara untuk mengobati asam urat secara alami yang akan Cara Dini ulas nantinya.

Cara mengobati asam urat alami:

  1. Ubi jalar merah
  2. Bahan-bahan yang harus anda siapkan ialah:
    • 200 gram ubi jalar merah
    • Gula merah secukupnya
    • 1 ruas jari kayu manis
    • 5 butir cengkeh
    • 1 buah biji pala
    • 5 butir kapolaga
    • 15 gram jahe merah
    • 10 butir merica
    Langkah-langkahnya ialah:
    Rebus semua bahan-bahan diatas dengan menggunakan 1 ½ liter air, biarkan mendidih sampai air yang tersisa tinggal ½ liter saja, lalu minum air ramuan ini 2 kali sehari, selain itu ubi rebusannya juga bisa untuk di makan.

  3. Pare
  4. Dengan bahan-bahan yang perlu disiapkan:
    • 1 buah pare mentah
    • 2 gelas air
    Langkah-langkahnya:
    Cuci 1 buah pare mentah yang telah di buang bijinya sampai bersih, lalu potong menjadi berberapa bagian, setelah itu rebus dengan 2 gelas air, biarkan mendidih sampai air yang tersisa tinggal 1 gelas saja, minumlah ramuan ini 1 kali sehari.

  5. Daun salam
  6. Bahan-bahan yang harus disiapkan ialah:
    • 10 lembar daun salam segar
    • 2 gelas air
    Langkah-langkahnya ialah:
    Rebus 10 lembar daun salam segar dengan 2 gelas air, biarkan mendidih hingga air yang tersisa hanya 1 gelas saja, minumlah air rebusan ini 2 kali dalam sehari.

  7. Tekokak dan leunca
  8. Bahan-bahan:
    • Tekokak
    • Leunca
    Langkah-langkah:
    Gunakan kedua bahan yaitu Tekokak dan leunca sebagai bahan campuran saat memasak sayur, atau anda juga bisa langsung memasak tekokak dan leunca sebagai sayur, makanlah secukupnya, paling tidak 2 kali dalam sehari.

Demikian berberapa Cara mengobati asam urat secara alami yang sudah Cara Dini uraikan diatas, saya harap artikel ini bisa membantu anda semua dalam menghadapi masalah asam urat anda.
Baca juga artikel menarik lainnya..
Cara mengobati bisul dengan cepat
Cara menurunkan panas demam dengan cepat
Cara mudah hilangkan stress
Sekian dan terimakasih...

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y