Skip to main content

Cara menurunkan tekanan darah tinggi

Cara menurunkan tekanan darah tinggi - CaraDini.my.id -  Tekanan darah tinggi akan beresiko terhadap penyakit yang mematikan, siapa saja sudah banyak yang tau tentang hal ini, penyakit mematikan itu bisa jadi adalah penyakit stroke, gagal ginjal, dan juga serangan jantung.

Jika tekanan darah anda tinggi, melakukan pengobatan menurunkan tekanan darah adalah cara yang tepat. Dengan mengonsumsi obat-obatan penurunan tekanan darah tinggi memang cara ini memang bisa mengatasi tekanan darah tinggi anda. Namun, obat-obatan ini juga mengandung efek samping yang mungkin saja berbahaya.

Tapi, mengobati atau mengatasi tekanan darah tinggi tak harus selalu meggunakan obat-obatan dari bahan-bahan kimia. Menurunkan tekanan darh tinggi juga bisa di lakukan dengan menggunakan cara-cara yang alami.

Berikut ada berberapa cara menurunkan tekanan darah tinggi secara alami yang akan Cara Dini berikan.
Baca juga :
Cara mengobati bisul secara alami
Cara menurunkan panas demam alami

Cara menurunkan tekanan darah tinggi:

  1. Konsumsi Buah dan sayur
  2. Seperti yang dikatakan oleh Linda Van Horn, PhD, RD, profesor kedokteran preventif dari Northwestern University Feinberg School of Medical bahwa dengan mengkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan potasium 2000-4000 mg/hari, sangat penting untuk mengatasi tekanan darah apapun. Dan buah dan sayuran yang kaya akan kalium itu seperti kentang, ubi jalar, tomat, jus jeruk, pisang, kacang-kacangan, blewah, melon, dan buah-buahan yang kering seperti plum dan kismis.

  3. Meditasi
  4. Dengan melakukan meditasi seperti tai chi, qigong, dan yoga, dengan mengatur pola pernapasan dengan baik akan menurunkan hormon stress yaitu yang di kenal dengan nama hormon renin.

  5. Dengarkan Musik
  6. Dengarkanlah musik-musik yang bisa menenangkan, dan lagu yang tepat seperti musik klasik dan sebagainya minimal 30 menit dalam sehari, akan membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Atur juga pernapasan anda saat mendengarkan musik.

  7. Jalan Cepat
  8. Melakukan olahraga dengan jalan cepat membantu penggunaan oksigen pada jantung lebih efisien sehingga jantung tidak bekerja terlalu keras untuk memompa darah. Bagi penderita hipertensi yang melakukan olahraga jalan dengan langkah yang cepat minimal 30 menit dalam seminggu akan menurunkan tekanan darah 8/6 mmHg. Lakukanlah jalan cepat secara rutin, agar kesehatan jantung anda tetap terjaga.

  9. Batasi Asupan Garam
  10. Tekanan darah tinggi memiliki kemungkinan sangat sensitif terhadap garam, batasilah konsumsi garam anda sekitar 3/4 sendok teh dalam sehari.

  11. Beralih ke Kopi Tanpa Kafein
  12. Kafein akan membuat tekanan darah semakin meningkat dengan memperkecil pembuluh darah dan memperbesar efek timbulnya stress, dan jika anda stress maka jantung akan memompa darah lebih cepat dan ini mengakibatkan serangan jantung.

  13. Konsumsi Dark Chocolate
  14. Penelitian mengatakan 18% penderita tekanan darah yang memakan setengah ons dark chocolate yang mengandung 70% kakao, setiap hari mengalami penurunan tekanan darah. Dark chocolate memiliki kandung flavanol yang mampu membuat pembuluh darah menjadi lebih elastis.

  15. Minum Teh
  16. Dengan meminum 3 cangkir teh setiap hari selama 6 minggu dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Karena efek kembang sepatu yang di hasilkan dari teh herbal.

  17. Ganti Karbohidrat dengan Kedelai
  18. Dengan mengganti karbohidrat dengan karbohidrat yang mengandung kedelai bisa menurunkan tekanan darah sistolik pada penderita hipertensi mau pun penderita prehipertensi.

  19. Kurangi Sedikit Pekerjaan
  20. Banyak pekerjaan bisa menimbukan stres dan beresiko serangan jantung. Apa bila anda bekerja lebih dari 41 jam dalam seminggu akan beresiko hipertensi.

  21. Cari Bantuan Jika Mendengkur
  22. Mendengkur merupakan salah satu gejala obstructive sleep apnea (OSA). Dan bagi penderita ini akan memiliki kadar aldosteron atau hormon yang bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi yang begitu besar. Jika terjadi hipertensi segera konsultasikan pada dokter agar mendapat keputusan yang jelas.

  23. Konsumsi Suplemen
  24. Berberapa suplemen bisa menurunkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter berapa banyak yang harus di konsumsi perharinya.

  25. Minum Sedikit Alkohol
  26. Bagi anda yang suka minum alkohol segeralah kurangi kadar alkohol yang anda konsumsi, karena banyak alkohol akan merugikan anda, sedangkan sedikit alkohol akan menjaga kesehatan anda, tekanan darah dan mengurangi resiko serangan jantung.

Sekian untuk share kali ini, tentang cara menurunkan tekanan darah tinggi yang Cara Dini berikan, semoga bisa bermanfaat untuk anda semua.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara mencegah panu menular
Terimakasih..

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y