Skip to main content

Cara mencegah bau mulut saat puasa

Cara mencegah bau mulut saat puasa - CaraDini.my.id - Marhaban ya Ramadhan, pada saat menjalankan ibadah puasa ramadhan, bau mulut merupakan salah satu masalah bagi para umat yang menjalankanya, sungguh nikmat jika kita berpuasa sekaligus terhindar dari bau mulut yang tak sedap itu. Hal ini akan memberi kita semangat apa lagi bagi anda yang kerjanya menyangkut dengan berbicara seperti salesman, atau yang lainnya, tentu jika bau mulut yang tak sedap terjadi pada mulut kita, kita akan merasa canggung dan malu.

puasa Ramadhan
Berbuka bersama di Bulan Ramadhan
Ada pun faktor penyebab terjadinya bau mulut yang tak sedap saat puasa karena, di saat kita menjalankan ibadah puasa baik puasa sunnah atau pun puasa Ramadhan, di dalam mulut kita terdapat banyak bakteri yang dapat mengubah sisa-sisa makanan menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

Baca juga:
Manfaat menjalankan ibadah puasa ramdhan
Cara merawat rambut panjang agar tetap sehat
Manfaaat belerang bagi kesehatan kulit

Disaat kita tidak menjalankan ibadah puasa maka, karena kita makan mulut akan memproduksi saliva (Air liur), dan ketika kita berpuasa maka produksi saliva ini akan berkurang karena kita tidak makan dan minum, akibatnya bakteri akan berkembang biak dengan cepat, hal inilah yang mengakibatkan bau mulut yang tak sedap terjadi.
Ada pun faktor terjadinya bau mulut yang tak sedap lainnya ialah karena, faktor dari dlam tubuh, hal ini akan terjadi pada pengidap diabetes atau maagh.

Nah, untuk mengatasi hal ini CaraDini.my.id akan memberikan sedikit ulasan cara mencegah bau mulut saat menjalankan ibadah puasa.
Ada pun cara-caranya adalah sebagai berikut:
  1. Mengonsumsi air putih 8-10 gelas saat sahur dan berbukaHal ini akan membantu mencegah bau mulut terjadi saat berpuasa nantinya, karena air putih akan meningkatkan produksi saliva atau air liur yang membuat mulut selalu terjaga kebersihannya.
  2. Menggosok gigi dan lidahHal tentunya juga dapat mengurangi bau mulut tak sedap saat berpuasa, karena dengan menggosok gigi dan lidah akan membersihkan mulut dari partikel sisa makanan yang membusuk yang mengakibatkan bau mulut tak sedap.
  3. Minum teh hijau saat berbuka puasa dan sahur
    Teh hijau berfungsi untuk membersihkan bakteri pada mulut dan saluran pernafasan karena teh memiliki zat polyphenol. Teh hijau juga baik di konsumsi untuk perokok karena teh hijau akan mengurangi peradangan pada rongga mulut dan mengurangi gangguan pernafasan.
  4. Menghindari makanan yang berbau tak sedap
    Tentu hal ini sangat penting jika anda tidak mau bau mulut tak sedap terjadi. Adapun makanan yang berbau tak sedap itu diantaranya, jengkol, petai, atau durian.
  5. Mengurangi rokok
    Bagi anda para perokok sebaiknya anda mengurangi atau bahkan berhenti merokok saat sahur dan berbuka, karena tidak merokok juga akan berperan penting untuk mengurangi bau mulut yang terjadi saat berpuasa disiang harinya.
  6. Hindari makanan yang mudah lengket dimulut
    Makanan yang lengket di mulut akan sulit di bersihkan, makanan tersebut akan menempel dan membusuk pada gigi dan mulut anda, sehingga bau mulut tak sedap akan mudah terjadi. Ada pun makanan lengket tersebut seperti es krim, coklat, biskuit atau makanan-makanan yang mudah lengket lainnya.
  7. Gunakan obat kumur
    Setelah sikat gigi, agar hasil lebih maksimal sebaiknya anda menggunakan obat kumur.
  8. Gunakan benang gigi (dental Floss)
    Untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa-sisa makanan yang bisa menyebabkan bau mulut tak sedap gunakan lah dental floss.
  9. Melakukan olahraga ringan
    Lakukanlah olah raga ringan setiap menjelang atau setelah berbuka puasa, hal ini bermaksud untuk melepas zat-zat beracun dari dalam tubuh, termasuk penyebab bau mulut yang tak sedap itu.
  10. Hindari tidur yang terlalu lama
    Tidur yang terlalu lama akan memicu terjadinya bau mulut yang tak sedap, karena zat saliva tidak bekerja secara maksimal disaat anda sedang tidur.

Sekian Cara mencegah bau mulut tidak sedap saat puasa yang bisa saya berikan. Apa bila anda atelah melakukan cara-cara diatas tapi bau mulut tetap terjadi, maka sebaiknya anda berkonsultasi ke dokter karena bau mulut juga bisa di sebabkan oleh faktor dari dalam tubuh seperti maagh, gangguan pernafasan, diabetes dan lain-lain.
Cara melangsingkan tubuh secara alami
Tips dan cara sehat saat menjalankan ibadah puasa ramadhan
Sekian dari saya, Terimakasih dan wassalam.

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y