Skip to main content

Manfaat menjalankan ibadah puasa Ramadhan

Manfaat menjalankan ibadah puasa Ramadhan - CaraDini.my.id - Marhaban ya Ramadhan, menjalankan ibadah puasa memang memiliki banyak manfaat serta hikmah yang bisa kita dapatkan, semua pasti tahu bahwa bulan Ramadhan memang memiliki banyak hikmah jika dibandingkan dengan bulan-bulan yang lainnya.

Baca juga:
Cara merawat rambut panjang agar tetap sehat
Manfaat belerang bagi kesehatan kulit

Adapun hikmah yang akan kita dapatkan di bulan ini ialah berupa amalan-amalan ibadah yang belum tentu bisa kita dapatkan di bulan lainnya. Dibulan Ramadhan ini tentu tidak hanya saja menahan nafsu makan dan minum saja, melainkan menahan berbagai segala cobaan-cobaan lainnya, dan amalan-amalan lainnya, seperti bersedekah, silaturahmi, menghindar dari yang di haramkan, Itikaf dan banyak lagi amalan-amalan lainnya yang bisa kita dapatkan di bulan yang mulia ini.

Oleh sebab itu semua, agar memotivasi diri anda untuk lebih semangat untuk menjalankan ibadah di bulan Ramadhan mulia ini agar lebih sempurna lagi amalan yang akan kita dapatkan, akan CaraDini.my.id berikan berberapa manfaat menjalankan ibadah puasa yang saya dapatkan dari berbagai sumber yang bisa anda manfaatkan untuk memotivasi diri anda.
Ada pun Manfaat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramdhan ini ialah sebagai berikut:

  1. Melatih diri untuk lebih tabah

  2. DiSaat kita menjalankan ibadah puasa di bulan ramdhan kita sangat di sarankan untuk selalu bersabar atas apa yang kita dapatkan walau buruk sekali pun, kita juga di biasakan untuk menahan yang tidak baik untuk dilakukan di saat berpuasa. Seperti, marah-marah, berburuk sangka atau seuzon dan lain sebagainya.

  3. Untuk melatih disiplin waktu

  4. Agar puasa anda tetap sehat dan bugar, memerlukan istirahat yang cukup untuk mendapatkan hal itu semua, oleh sebab itu salah satu manfaat dari menjalankan ibadah puasa itu ialah untuk melatih disiplin waktu, karena dengan begini anda akan tidur atau beristirahat dengan lebih teratur lagi demi mendapatkan puasa yang sempurna, dengan begini dengan sendirinya anda akan melatih waktu anda untuk lebih disiplin. misalnya bangun disaat sahur, dan paginya anda melatih kebiasaan untuk bangun lebih awal lagi sholat subuh dan lanjut dengan kerjaan sehari-hari anda.

  5. Mendapatkan keseimbangan dalam hidup

  6. Dalam kehidupan sehari-hari dibulan-bulan lainnya, kebiasaan bagi kita hamba Allah swt. yang di perintahkan untuk beribadah selalu melupakan ibadah dan kewajiban kita itu, hal itu biasa karena masalah atau hal duniawi saja seperti masalah perkerjaan, hawa nafsu dan yang lainnya, untuk manfaat puasa Ramadhan ini ialah mendapatkan keseimbangan hidup, karena di bulan ini kita akan terlatih untuk kembali menjalankan ibadh-ibadah dan kewajiban-kewajiban bagi umat muslim yang selalu anda tinggalkan itu dengan ganjaran yang dilipat gandakan di bulan nan suci ini.

  7. Memperkuat tali silaturahmi

  8. Sesama umat muslim sangat di anjurkan untuk menjalankan silaturahmi untuk meningkatkan tali persaudaraan antar umat muslim, nah di bulan Ramdhan Suci ini hal itu akan mudah kita lakukan, dan mungkin tanpa kita sadari kita sudah melakukannya karena sudah jadi kebiasaan sejak dahulu, hal-hal itu diantaranya ialah dengan memberikan tajil berbuka puasa gratis pada tetangga atau kerabat, sholat bersamat di masjid(Berjamaah), dan lebih istimewanya lagi kita akan mendapatkan tausyiah-tausyiah di bulan Ramdhan ini.

  9. Lebih peduli dengan sesama

  10. Di bulan ini kita akan merasa lebih peduli dengan sesama umat muslim seperti bersedekah dan yang lainnya.

  11. Tiap perbuatan mulia menjadi ibadah

  12. di bulan-bulan lain belum tentu mendapatkan ini semua, inilah keistimewaan bulan Ramdhan ini. Adapun hala-hal itu ialah dengan menolong sesama umat, berbuat adil, berjalan menuju kemasjid, tersenyum pada orang lain, sampai-sampai tidurnya orang yang berpuasa juga merupakan ibadah, seperti segala sesuatu yang kita lakukan terkait dengan ibadah, maka hal ini akan melatih diri kita untuk selalu beribadah.

  13. Melatih diri untuk selalu bersyukur

  14. Kita hanya bisa merasakan nikmatnya makan disaat kita berbuka puasa saja, dengan demikian kita akan lebih banyak bersukur, sehingga kita akan terbiasa menjadi pribadi yang selalu mensyukuri nikmat Allah yang maha Kuasa.

  15. Mengerti tujuan dari beribadah

  16. Di bulan Ramdhan ini kita di wajibkan untuk beribadah puasa, ada pun tujuan dari puasa ini ialah untuk melatih diri agar dapat menghindarai dosa-dosa yang di sebabkan oleh hawa nafsu, jika tujuan itu bisa anda lakukan maka puasa anda berhasil tetapi,  jika tujuan itu tidak anda dapatatkan maka bisa dikatakan puasa anda gagal dan tidak mendapatkan apa-apa, jadi kita akan berorientasi pada tujuan untuk menjalankan segala ibadah-ibadah di bulan suci ini.

  17. Selalu Berhati-hati dalam berbuat

  18. DiDalam bulan Ramdhan saat anda melaksanakan ibadah puasa kita juga di wajibkan untuk menghindari dosa-dosa lainnya, seperti menggunjing orang, berkata kotor, memandang yang tidak baik, berbohong, dan lain-lain sebagainya yang bisa menimbulkan dosa. hal ini akan melatih diri anda ketika di luar bulan ramadhan.

  19. Melatih diri untuk hidup sederhana

  20. pada saat berbuka puasa biasanya kita sangat berselera makan dan ingin menghabiskan banyak, tetapi setelah berbuka puasa makan sedikit saja anda sudah merasakan nikmatnya makanan itu, karena itu semua hanya nafsu belaka. pada dasarnya kita hanya memerlukan hal yang sederhanan saja.

Demikian berberapa manfaat menjalankan ibadah puasa Ramdhan, semoga bisa menjadi motivasi diri anda terutama saya sendiri untuk lebih khusuk menjalankan ibadah di bulan puasa Ramadhan ini. sekian dari CaraDini.my.id dan terimakasih, Wassalam.

Tips dan cara sehat saat puasa ramadhan
Cara melangsingkan tubuh secara alami
Cara membuat tubuh lebih ideal atau sixpack

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y