Skip to main content

Cara Alami mengobati keputihan yang ampuh

Cara Alami Mengobati Keputihan yang ampuh - CaraDini.my.id - Keputihan merupakan salah satu masalah pada wanita yang banyak di takuti jika hal ini sampai terjadi. Kenapa saya katakan demikian? Karena keputihan dapat menyebabkan rasa tidak nyaman, gatal-gatal serta bau yang tak sedap pada organ kewanitaan. Apa lagi bagi mereka yang sudah menikah atau berkeluarga, keputihan akan menurunkan rasa percaya diri bagi wanita,  sehingga tak heran jika ujung-ujungnya timbul ketidak harmonisan dalam rumah tangga.

keputihan


Apa itu keputihan?
Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara mengobati keputihan, tidak ada masalah kalau kita bahas terlebih dahulu apa itu keputihan. Menurut sebuah artikel yang pernah saya baca dalam sebuah situs pengetahuan wikipedia, menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan keputihan adalah sebuah sekresi atau proses untuk membuat dan melepaskan substansi kimiawi dalam bentuk lendir yang dilakukan oleh sel tubuh dan kelenjar vagina pada wanita. Secara umum keputihan dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu, keputihan normal (fisiologis) dan keputihan abnormal (patologis).
  1. Keputihan fisiologis  
    Keputihan fisiologis merupakan jenis keputihan yang normal terjadi pada wanita, keputihan fisiologis juga tidak perlu terlalu untuk dikhawatirkan. keputihan jenis fisiologis biasanya akan terjadi pada wanita yang sudah mengalami menstruasi. Kondisi ini dapat terjadi ketika wanita memasuki masa subur,  baik sebelum maupun sesudah menstruasi, atau dapat juga terjadi pada saat mendapat rangsangan. 
    Ciri-ciri dari keputihan Fisiologis adalah, mengeluarkan cairan encer berwarna transparan atau bening, tidak lengket, tidak berbau yang tak sedap, tidak menyebabkan gatal-gatal, dan jumlah cairan yang keluar hanya sedikit. 
    Keputihan dengan ciri-ciri seperti diatas, merupakan keputihan yang normal terjadi setiap bulannya. Jika hal ini membuat Anda merasa tidak nyaman, sebaiknya cuci organ intim Anda dengan air bersih, keringkan dengan handuk bersih dan ganti pakaian dalam yang Anda gunakan.

  2. Keputihan patologis 
    Keputihan patologis merupakan jenis keputihan yang tidak normal terjadi, hal ini harus Anda waspadai. Beberapa keputihan jenis patologis ini merupakan sinyal penyakit diorgan kewanitaan atau daerah rahim. Keputihan patologi akan sangat beresiko gangguan kesehatan pada bayi apabila keputihan patologis terjadi pada ibu hamil. 
    Ciri-ciri keputihan patologis atau keputihan tidak normal adalah, cairan yang di keluarkan kental, biasanya berwarna putih susu, kuning, kehijauan atau keabu-abuan, cairan juga terkadang lengket, cairan menimbulkan bau tidak sedap, terasa gatal, serta jumlah cairan yang di keluarkan banyak dan juga akan meninggalkan bercak pada pakaian dalam. Jika keputihan jenis patologis seperti ciri-ciri di atas terjadi pada diri Anda, sebaiknya segera konsultasika ke dokter atau ahli kesehatan.
Penyebab keputihan
Keputihan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti:
  1. Kurang menjaga kebersihan vagina 
  2. Ketidak seimbangan hormon
  3. Kadar gula darah tinggi 
  4. Rusaknya keseimbangan biologis dan keasaman (ph) lingkungan vagina.
  5. Sering menggunakan WC Umum yg kotor 
  6. Sering memakai tissue saat membasuh bagian kewanitaan, sehabis buang air
  7. kecil maupun buang air besar
  8. Gejala suatu penyakit tertentu 
  9. Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis
  10. Tidak mengganti panty liner
  11. Tidak segera mengganti pembalut saat menstruasi 
  12. Kesalahan pada saat membilas vagina dari arah yang salah. Seperti dari arah anus ke arah depan vagina
  13. Sering mandi berendam dengan air hangat dan panas. 
  14. Sering bertukar celana dalam/handuk dgn orang lain
  15. Kelelahan yang amat sangat
  16. Stress
  17. Memakai sembarang sabun untuk membasuh vagina
  18. Tidak mejalani pola hidup sehat (makan tidak teratur, tidak pernah olah raga, tidur kurang)
  19. Lingkungan sanitasi yang kotor 
  20. Tinggal di daerah tropis yang lembap
  21. Sering berganti pasangan dalam berhubungan intim
  22. Sering menggaruk vagina
Dari berberapa faktor diatas, dapat di simpulkan bahwa Keputihan bisa terjadi karena organ kewanitaan yang kurang terawat dan di perhatikan.

Cara mengobati keputihan
Setelah kita ketahui apa itu keputihan, penyebab keputihan, dan sekarang kita bahas bagaimana cara mengatasi keputihan dengan cara tradisional yang akan lebih aman dari pada menggunakan obat-obatan kimiawi. Ada beberapa cara mengatasi keputihan dari CaraDini.my.id diantaranya adalah:
  1. Dengan daun sirih 
    Daun sirih dipercaya bisa membantu mengatasi berbagai permasalahan pada organ kewanitaan salah satunya ialah keputihan. Caranya juga cukup mudah yaitu, dengan mencuci daun sirih sekitar 10-15 lembar hingga bersih, rebus daun sirih dengan 2,5 - 3 liter air. Gunakanlah air rebusan dari daun sirih tersebut untuk mencuci daerah kewanitaan Anda. Lakukan cara ini pada saat setiap Anda selesai membuang air kecil secara rutin.

  2. Dengan kunyit, gula dan asam 
    Kunyit mengandung zat anti bakteri yang bermanfaat untuk mengobati berbagai jenis penyakit termasuk keputihan. Caranya, cucilah 3 buah kunyit hingga bersih, parut ketiga kunyit tersebut, tambahkan dengan gula jawa dan asam jawa, kemudian peras ketiga bahan tadi. Minumlah air perasan dari ketiga bahan tersebut secara rutin dua hari sekali.

  3. Dengan tanaman tapak liman 
    Sudahkah Anda tahu bahwa Tanaman tapak liman yang banyak ditemukan disekitar rumah kita ini bisa Anda manfaatkan untuk mengobati keputihan. Caranya menggunakannya adalah, cucilah 2-3 buah Tanaman tapak liman hingga bersih, lalu rebus dengan 2 gelas air bersih. Minum air rebusan dari tanaman tapak liman ini secara rutin 2 kali sehari hingga keputihan yang Anda alami benar-benar sembuh.

Itulah berberapa cara alami mengobati keputihan yang bisa Cara Dini sajikan untuk Anda semua, semoga ini bisa membantu mengatasi masalah Anda. Namun ada yang perlu anda ketahui bahwa mengobati suatu penyakit itu berbeda dengan sulap atau pun sihir yang bisa menghilangkan segala sesuatu dengan mudah. Mengobati suatu penyakit harus dibarengi dengan kesabaran dan ketelatenan yang dilakukan secara rutin agar penyakit bisa segera pergi.
Baca juga:

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y