Skip to main content

Tips agar tidak cepat lupa atau pikun

Tips cara supaya tidak cepat lupa atau pikun - CaraDini.my.id - Lupa atau yang sering dikatakan dengan sebutan kata pikun. Semakin bertambahnya umur kita, maka daya ingat kita juga akan semakin berkurang. Dapat kita lihat sendiri faktanya, orang yang sudah tua atau lanjut usia, sering berkata tentang hal yang sama berkali-kali tanpa mereka sadari, pada hal mereka baru saja mengatakan hal tersebut. Selain itu, kita juga sering melihat orang yang sudah tua yang selalu lupa menaruh barang yang ia taruh sendiri. Tapi, perlu Anda tahu bahwa bukan orang tua saja yang mengalami gejala lupa atau pikun tersebut. Sebagian dari kita banyak yang memiliki usia yang relatif muda yang ternyata juga sering lupa atau pikun. Namun sebenarnya daya ingat tidak akan pernah berkurang jika kita selalu berusaha untuk tetap memperkuat daya ingat kita. Memiliki daya ingat yang kuat tentu akan sangat menjadi impian bagi setiap orang. Akan tetapi di lain sisi, ada sebagian dari kita yang paling sering lupa dalam mengingat sesuatu hal yang penting dalam hidup mereka.
Usia memang merupakan salah satu faktor penyebab dari sering terjadinya lupa pada diri kita atas berberapa hal.

Bagi Anda yang pernah atau bahkan sering mengalami lupa atau bisa dikatakan mulai pikun, disini CaraDini.my.id akan memberikan berberapa Tips Agar Tidak Cepat Pikun atau Sering Lupa diantaranya adalah sebagai berikut.
Daya ingat kuat

Tips Agar Tidak Cepat lupa atau pikun
  1. Dengan Senam Otak 
    Senam otak bertujuan untuk mengingat-ingat kembali sesuatu yang pernah Anda ketahui sebelumnya. Senam otak dapat Anda lakukan dengan cara melatih otak Anda untuk mengingat sesuatu. Misalnya, menyebutkan 10 judul lagu yang anda gemari saat ini, menyebutkan nama 10 teman sekolah Anda yang sangat dekat dengan Anda atau hal-hal lainnya. Anda bisa menentukannya sendiri.

  2. Konsumsi Makanan untuk Otak 
    Konsumsilah makanan-makanan yang bisa membantu Anda untuk memenuhi nutrisi otak Anda agar otak tidak mudah lupa atau pikun. Ada pun jenis makanan yang bermanfaat untuk menutrisi otak anda tersebut ialah seperti, buah blueberry, buah bit, bawang merah, brokoli dan pisang.

  3. Penuhi kebutuhan Air Putih 
    Dengan mengkonsumsi air putih minimal 6-8 gelas perhari dapat membantu seluruh fungsi organ tubuh untuk bekerja lebih optimal. Dengan begitu fungsi otak Anda juga akan berfungsi lebih baik.

  4. Istirahatkan Otak Anda 
    Mengistirahatkan otak Anda yang bertujuan untuk menyegarkan kembali atau merefresh otak anda menjadi lebih tenang pikirannya. Mengistirahatkan otak dapat Anda dilakukan dengan tidur yang cukup. Dengan tidur yang cukup akan mengistirahatkan otak Anda sekaligus meregenerasi otak anda.

  5. Merilekskan Otak 
    Pada saat anda bekerja atau pun dalm aktivitas sehari-hari, tentu akan ada masanya dimana otak akan mengalami stress, yang timbul karena berpikir yang keras yang akan membuat Anda menjadi pusing. Anda bisa merilekskan otak anda dengan melakukan aktifitas yang anda sukai, hal ini merupakan salah satu cara untuk merilekskan otak anda kembali.

  6. Bermain game asah otak 
    Dalam hidup anda yang rumit yang mungkin karena beban pikiran, hal ini akan membuat Anda stress dan cepat lupa atau pikun. Dengan begitu Tips agar tidak cepat lupa atau pikun kali ini dapat Anda lakukan dengan permainan asah otak. Yang dimaksud permainan asah otak itu misalnya mengisi teka-teki silang, yang bisa anda dapatkan di toko buku, majalah yang menyediakannya, serta surat kabar atau koran.

Demikianlah tips kesehatan dari CaraDini.my.id kali ini yang membahas tentang tips cara agar tidak cepat lupa atau pikun. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan bisa membantu mengatasi masalah Anda.
Baca juga:

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y