Skip to main content

Cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui

Cara meningkatkan produksi ASI - CaraDini.my.id - Semua orang sudah tahu jika Air Susu Ibu (ASI) sangat penting bagi nutrisi sang anak, dan bahkan ASI merupakan Nutrisi utama bagi si kecil, dengan memberikan ASI yang eksklusif selama 6 bulan akan memberikan banyak manfaat bagi tumbuh kembang yang optimal bagi sang anak.

Namun sekarang yang jadi masalah bagi kaum Ibu ialah Produksi ASI yang kurang optimal, sehingga tak jarang para Ibu sangat khawatir akan ketersediaan ASI ketika ia menyusui, dan timbul pertanyaan, apakah bisa memenuhi pertumbuhan sang anak?

Baca juga:
Cara mengobati kencing manis tanpa obat
Puisi indah - berharap dan berharap

Nah, bagi para Ibu yang mengalami hal tersebut. Berikut Cara Dini akan memberikan berberapa tips cara meningkatkan produksi ASI yang bisa dengan mudah untuk Ibu lakukan.

Cara meningkatkan produksi ASI:

  1. Penuhi kebutuhan cairan tubuh.
  2. Untuk memproduksi ASI tubuh memerlukan cairan yang cukup. Disarankan agar Ibu mengkonsumsi air putih 10-12 gelas dalam sehari atau Setiap kali Ibu menyusui minumlah segelas air agar tubuh Ibu tidak kekurangan cairan dan kebutuhan ASI dapat terpenuhi.

  3. Konsumsi makanan pembantu
  4. Makananlah makanan yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI, ada banyak makanan yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI, diantaranya adalah:
    • Daun kemangi, kandungan vitamin K yang terdapat di dalam daun kemangi mampu memberikan efek relaks dan akan memperbaiki gerakan pada usus Ibu, membuat nafsu makan menjadi meningkat, serta dapat meningkatkan kesehatan bagi Ibu.
    • Biji wijen hitam atau Black sesame seeds ini banyak mengandung kalsium didalamnya.
    • Daun katuk, menurut Penelitian, produksi ASI dapat meningkat hingga 50-70%, hal ini telah di buktikan dengan Ibu yang mengkonsumsi ekstrak daun katuk pada hari ke 3 atau ke 4 setelah melahirkan selama 15 hari jika di bandingkan dengan Ibu yang tak mengkonsumsinya sama sekali.
    • Sayuran yang berwarna merah, kandungan beta karoten yang terdapat pada wortel, ubi jalar, dan bit ini sangat bermanfaat untuk nutrisi dalam ASI. Selain itu, buah bit dan ubi juga mengandung zat besi yang tinggi, zat besi akan membantu mencegah terjadinya anemia pada Ibu.
    • Sayuran hijau dan labu hijau, sayuran hijau adalah sayuran sebagai sumber mineral dan fitoestrogen bagi tubuh Ibu, yang dapat meningkatkan produksi ASI, dan sayuran hijau itu seperti bayam, dauin bit, kacang panjang, dan asparagus, sedangkan labu hijau seperti buah kundur merupakan makanan yang mudah di cerna dan juga dapat meningkatkan produksi ASI.
    • Bawang putih, bawang putih dapat membantu meningkatkan produksi ASI, bawang putih bisa di konsumsi dengan cara dimasak dan dicampur dengan sayuran atau pun daging.
    • Kacang-kacangan, kacang-kacangan sejeni almond dan juga kacang mete dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

  5. Berikanlah ASI secara eksklusif
  6. Berikanlah sikecil ASI yang banyak dan usahakan sesering mungkin untuk memberikan ASI pada si kecil, hal ini dikarenakan produksi ASI secara alami akan disesuaikan berdasarkan volume ASI yang diberikan pada si Kecil. Jadi, Semakin banyak dan sering Ibu memberikan ASI pada anak, maka produksi ASI Ibu akan semakin bertambah.

  7. Istirahat yang cukup
  8. Seorang Ibu yang lelah atau letih, tingkat produksi ASI akan melemah, karena tubuh tidak memiliki energi yang cukup untuk memproduksi ASI. Maka dari itu beristirahatlah, Jika di malam hari istirahat ibu tidak cukup maka istirahatlah di siang harinya.

  9. Relaks dan nikmati peran ‘Ibu’.
  10. Usahakan agar Ibu selalu relaks, dan jaugkan diri Ibi dari stres, karena stres akan mengurangi tingkat produksi ASI.

Demikian untuk tips cara meningkatkan produksi ASI bagi Ibu menyusui yang bisa Cara Dini berikan, semoga apa yang telah Cara Dini berikan bisa bermanfaat untuk anda semua.
Baca juga artikel menarik lainnya.
Cara menguatkan syaraf
Cara mengobati asam urat secara alami
Cara merelaksasi otot / peregangan
Sekian dari admin, wassalam...

Popular posts from this blog

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua

Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua - CaraDini.my.id - Kebiasaan seorang wanita selalu takut untuk terlihat tua, apalagi jika umurnya masih muda. Banyak cara yang mereka lakukan demi mendapatkan wajah yang tampak awet muda walau umur sudah mulai tua. Mengatur pola makanan yang sehat juga sudah sering para wanita ini lakukan dan bahkan sudah menjadi salah satu alternatif bagi para wanita. Akan tetapi, masih banyak para wanita yang secara tidak sadar mereka tetap melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat mempercepat penuaan dini. Berikut ada berberapa kebiasaan-kebiasaan yang bisa menjadi faktor penyebab penuaan dini dari CaraDini.my.id. Kebiasaan Yang Bikin Orang Cepat Tua Diet ketat  Secara umum seseorang yang sedang diet tidak akan memakan makanan yang berlemak. Sebenarnya cara ini salah, tidak semua lemak itu harus ditinggalkan, karena lemak dibedakan ada dua jenis, yaitu lemak jenuh dan tak jenuh atau lemak baik dan tak baik. Lemak baik sangat di perlukan bagi ku

Jenis makanan untuk mengecilkan pinggang dan perut

Makanan untuk Mengecilkan Pinggang dan perut - CaraDini.my.id -  Ketika Anda sedang menjalani diet untuk mengecilkan perut dan pinggang, tentunya Anda juga harus menjaga pola makan Anda. Pilihlah makanan sehat yang rendah lemak dan dengan tinggi serat dan juga protein. Jenis makanan ini akan membantu Anda merasa kenyang yang lebih lama, dan dengan begitu tubuh yang sehat akan mudah tercipta. Menurut ahli diet dan diabetes di Blue Cross Blue Shield of Michigan, yaitu Rahmat Derocha mengatakan bahwa, kunci untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal seperti yang Anda inginkan selain dari berolahraga, juga terdapat dari makanan yang Anda konsumsi. Para ahli kesehatan juga mengatakan bahwa Anda harus memiliki persediaan makanan yang banyak mengandung serat agar pencernaan mapu berjalan lancar. Berikut berberapa jenis makanan yang dapat mengecilkan perut dan pinggang dan akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. CarDini.my.id . Rasberi Buah yang tergolong kedalam kategori

Cara memancungkan hidung pesek tanpa operasi yang ampuh

CaraDini.my.id - Memancungkan hidung secara cepat bisa Anda lakukan dengan melakukan perawatan operasi dan pastinya dengan biaya yang tidak sedikit pula. Jika anda ingin memancungkan hidung Anda namun tidak ada uang untuk melakukan operasi, Anda bisa menjalankan alternatif lainnya, yaitu dengan melakukan cara-cara yang alami yang sebentar lagi akan cara Dini berikan ulasannya. Untuk memancungkan hidung dengan cara-cara yang alami tidaklah semudah seperti halnya operasi plastik. Memancungkan hidung secara alami akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Berbicara tentang masalah hidung mancung, tidak dapt di pungkiri bahwa banyak sekali orang yang menginginkan hal itu, khususnya mereka yang memiliki hudung pesek. Tidak hanya itu saja, sebagian orang yang menginginkan hidung yang mancung ada yang merelakan uangnya habis hanya untuk melakukan operasi wajahnya itu. Memang operasi merupakan cara memancungkan hidung yang cukup efektif, tapi sudah pasti harganya tidaklah murah seperti y